6 Cara Cepat Pemulihan Operasi Caesar 

No Comments Uncategorized
Operasi Caesar wajib bila ibu mempunyai komplikasi keamilan

Melakukan lahiran dengan cara caesar dapat berdampak pada kesehatan mental serta fisik pada sang ibu di minggu-minggu sesudah operasi. Dalam mempercepat pemulihan ada berbagai cara serta metode gaya hidup serta kesehatan yang bisa membantu pemulihan pasca operasi. 

Operasi caesar ini hal yang umum dilakukan di Indonesia maupun di luar negeri dengan melakukan proses ini. Prosedur operasi ini bisa menyelamatkan tetapi juga memiliki risiko yaitu waktu untuk pulih yang lama. 

Dalam melakukan perawatan diri, serta memiliki tim medis yang bisa mendukung dalam proses pemulihan dari operasi akan lebih cepat dan mudah dalam pemulihannya.

Terdapat berbagai panduan bahwa untuk pemulihan operasi ini dibutuhkan waktu selama 4 hingga 6 minggu. Tetapi ada banyak penelitian mengungkapkan bahwa untuk waktu pemulihan jauh lebih lama, tetapi setiap orang berbeda-beda. Seperti misalnya dari beberapa penelitian berikut ini bahwa 60 persen wanita mengalami rasa sakit ketika sayatana 24 minggu setelah melakukan proses operasi melahirkan. 

Melakukan mencari informasi dari dokter yang terpercaya, kerabat atau saudara yang telah melakukan operasi sesar bisa membuat pehaman itu untuk proses pemulihan. 

  1. Beristirahatlah yang banyak

Sesar adalah operasi besar. Sama seperti operasi apa pun, tubuh Anda membutuhkan waktu untuk pulih setelahnya. Tetep tinggal di rumah sakit selama tiga hingga empat hari ketika selesai melakukan proses operasi melahirkan, namun akan lebih lama jika terjadi komplikasi, serta butuh waktu enam minggu untuk proses pemulihannya.

Itu lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Anda akan merasa sulit untuk merangkak ke tempat tidur berjam-jam saat memiliki bayi yang harus butuh banyak perhatian.

Anda mungkin pernah mendengar nasihat dari teman dan kerabat yang bermaksud baik: “Istirahatlah setiap kali bayi Anda beristirahat.” Mereka benar. Curi waktu untuk tidur ketika bayi Anda tidur siang. 

Minta pertolongan keluarga agar bisa menolong Anda dalam mengurus bayi Anda seperti mengganti popok, serta pekerjaan rumah Anda, sehingga Anda dapat berbaring jika memungkinkan. Mencari-cari waktu yang sempit untuk istirahat beberapa menit bisa dapat membantu.

  1. Sayangi tubuhmu

Berhati-hatilah dalam bergerak saat Anda sembuh. Jauhkan Anda untuk melakukan turun-naik tangga. Menyimpan semua barang kebutuhan bayi Anda di dekat Anda agar tidak perlu sering bangun dari tempat istirahat Anda. 

Tidak untuk menggangkat sesuatu yang berat dibandingkan berat bayi Anda. Coba untuk meminta tolong kepada keluarga, pasangan maupun kerabat Anda. 

Ketika Anda ingin batuk maupun bersin, coba untuk pegang perut Anda agar melindungi tempat sayatan Anda. 

Perlu waktu delapan minggu untuk kembali pada aktivitas normal Anda. Coba untuk berkonsultasi kepada dokter kapan Anda boleh melakukan berbagai aktivitas seperti biasa Juga menunggu untuk berhubungan seks atau menggunakan tampon sampai dokter Anda memberi Anda lampu hijau.

jangan melakukan olahraga yang berat, tapi bisa berolahraga dengan berjalan ringan. Gerakan seperti itu bisa menolong tubuh agar cepat sembuh, mencegah dari sembelit serta pembekuan darah. Plus, jalan-jalan adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan bayi Anda ke dunia.

Sama seperti Anda menjaga kesehatan fisik Anda, jangan lupakan kesehatan mental Anda. Mempunyai bayi membuat perasaan Anda yang tidak diduga-duga.. Apabila Anda merasakan kecewa, sedih, dan lelah hal itu jangan disepelekan. Bicarakan emosi Anda dengan teman, pasangan, dokter, atau konselor.

  1. Hilangkan rasa sakitmu

Tanyakan kepada dokter Anda obat nyeri apa yang dapat Anda minum, terutama jika Anda sedang menyusui.

Tergantung pada tingkat ketidaknyamanan Anda, dokter mungkin akan meresepkan pereda nyeri atau menyarankan Anda untuk mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau acetaminophen (Tylenol).

Belanja online untuk ibuprofen atau acetaminophen.

Selain obat pereda nyeri, Anda bisa menggunakan bantal pemanas untuk meredakan ketidaknyamanan di lokasi operasi.

Temukan bantalan pemanas online.

  1. Fokus pada nutrisi yang baik

Nutrisi yang baik sama pentingnya di bulan-bulan setelah Anda melahirkan seperti saat Anda hamil.

Apabila menyusui berarti Anda masih menjadi sumber nutrisi bagi bayi Anda. Makan berbagai makanan akan menjaga bayi Anda tetap sehat dan membantu Anda menjadi lebih kuat.

Menurut penelitian dengan memamkan sayur ketika menyusui dapat memberikan rasa pada ASI serta dapat meningkatkan rasa nikmat pada bayi Anda dan bisa membuat mereka tumbuh. Juga, minum banyak cairan, terutama air putih untuk menghindari sembelit.

  1. Penyembuhan Pemisahan Otot Perut atau DRAM adalah langkah penting lainnya dalam pemulihan operasi 

Penyembuhan DRAM lebih menantang karena pemulihan C-section menghadirkan tahap ekstra dalam prosesnya. Seperti semua hal lain di dalam tubuh, berbagai organ dan kelompok otot saling terhubung dan tidak ada bagian dari Anda yang bekerja atau hidup dalam keterasingan. Otot perut, dasar panggul, dan otot punggung Anda saling bergantung satu sama lain, jadi pastikan Anda menerapkan pendekatan holistik untuk pemulihan Anda dan dapatkan program yang disesuaikan, lebih disukai dari Fisioterapis berkualifikasi yang berspesialisasi dalam Kesehatan Wanita untuk mencapai tujuan Anda dengan aman dan efektif.

  1. Santai saja dan kembali berolahraga secara bertahap.

Kira-kira 6-12 minggu setelah operasi caesar ketika Anda telah mendapatkan kembali mobilitas Anda dan umumnya merasa siap, Anda dapat melanjutkan olahraga dengan persetujuan profesional perawatan kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *