7 Penyebab Rambut Bercabang, Jangan Dibiarkan Begitu Saja!

No Comments Uncategorized

Kondisi rambut bercabang memang tak jarang dialami oleh banyak orang, khususnya wanita. Masalah rambut yang satu ini bisa terlihat dari helai rambut yang di ujungnya terbagi dua.

Bahkan masalah rambut bercabang ini kerap terjadi akibat penggunaan produk perawatan rambut dengan bahan kimia. 

Mengenal Penyebab Rambut Bercabang

Selain karena produk perawatan rambut berbahan kimia, kondisi rambut bagian ujung yang bercabang juga disebabkan karena kebiasaan styling rambut hingga terkena paparan sinar matahari.

Berikut berbagai penyebab rambut seseorang bercabang yang perlu diketahui.

  1. Efek buruk pewarnaan rambut

Rambut yang diwarnai juga memiliki efek buruk lho, salah satunya menyebabkan rambut jadi bercabang. Menggunakan perawatan rambut kimiawi jelas akan mengubah bentuk, warna, hingga tekstur rambut. 

Proses ini melibatkan proses perubahan drastis pada rambut. Sehingga akan menyebabkan rambut jadi sangat lemah dan juga rentan mengalami kerusakan.

  1. Kebiasaan rambut yang salah

Selain itu, kondisi rambut yang bercabang juga disebabkan karena kebiasaan perlakuan pada rambut yang salah. 

Contohnya saat menyisir rambut secara paksa, sering mencuci rambut dengan air yang terlalu panas, mengikat rambut dengan sangat kencang, tidur dengan rambut diikat ke balakang, hingga membungkus rambut basah dengan handuk.

Ternyata kebiasaan tersebut tidak bagus karena dapat menyebabkan rambut stres dan meningkatkan risiko terjadinya kerusakan rambut.

  1. Sering menggunakan alat styling rambut

Rambut yang sering ditata dengan berbagai alat seperti catokan, hair dryer, hingga pengeriting rambut juga bisa membuat rambut rusak.

Penggunaan hair dryer atau alat lain yang terlalu sering bisa menyebabkan rambut jadi bercabang.

Apalagi suhu panas dari alat tersebut sangat berlebihan dan bisa merusak lapisan rambut terluar sehingga menyebabkan hilangnya kelembapan rambut.

Lalu, rambut akan jadi lemah dan rentan pecah-pecah hingga mengalami kerusakan yang parah.

  1. Menggunakan produk perawatan rambut yang tidak tepat

Rambut bercabang juga bisa disebabkan oleh penggunaan produk rambut yang salah. Produk perawatan rambut yang ada di pasaran biasanya mengandung zat pengering, bahan kimia, hingga alkohol. Kandungan tersebut akan membuat rambut jadi hilang kelembapannya.

  1. Buruknya pola makan

Rambut bercabang bisa disebabkan pula oleh buruknya pola makan atau nutrisi penting tidak terpenuhi. Beberapa contoh nutrisi penting yang dapat memperkuat rambut adalah protein, zat besi, zinc, dan asam folat.

Sehingga, penting sekali untuk mengatur kembali pola makanan yang dikonsumsi seperti mengonsumsi telur, alpukat, bayam, salmin, serta kacang-kacangan.

  1. Terkena paparan sinar matahari berlebihan

Rambut yang sering terkena paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan rambut bercabang. Selain itu, rambut yang kurang kelembapan juga akan membuat permukaan rambut jadi rusak sehingga akan mudah bercabang.

  1. Tubuh kekurangan asupan cairan

Ternyata, tubuh yang kekurangan cairan juga akan mempengaruhi kesehatan rambut. Hal ini karena kulit kepala juga bisa mengalami dehidrasi sehingga proses pertumbuhan rambut pun akan jadi terhambat.

Dengan begitu, jika ingin memiliki rambut yang sehat dan terjaga, perlu untuk mencukupi asupan air dalam tubuh.

Cara Mengatasi Rambut Bercabang

Jika ujung rambut Anda terbelah atau bercabang, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, yaitu:

  • Memotong ujung rambut
  • Mengeringkan rambut perlahan, hindari menggosok-gosok rambut dengan handuk terlalu keras
  • Menyisir rambut dengan perlahan
  • Menggunakan kondisioner
  • Menggunakan masker rambut
  • Beri jeda waktu jika Anda melakukan perawatan rambut kimiawi
  • Kurangi penggunaan alat styling rambut

Masalah rambut bercabang memang bisa mengganggu penampilan Anda. Nah, Anda bisa mencoba berbagai cara di atas untuk mengatasi masalah rambut yang bagian ujungnya bercabang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *