Cara Melancarkan Haid dengan Makanan dan Minuman Berikut Ini

Cara Melancarkan Haid dengan Makanan dan Minuman Berikut Ini

Sebagian perempuan mungkin akan merasakan siklus haid yang kurang teratur dan hal tersebut sangat wajar terjadi. Untuk ukuran menstruasi normal, biasanya kondisi ini akan berlangsung setiap 21 – 32 hari selama lebih kurang 5 – 7 hari. Bagi perempuan yang mengalami siklus haid yang kurang lancar biasanya disertai dengan timbulnya gejala-gejala yang membuat tidak nyaman. Maka dari itu, banyak perempuan yang mencoba mengkonsumsi obat-obatan sebagai cara melancarkan haid.

Gangguan menstruasi yang mungkin terjadi dapat terlihat dari volume perdarahan yang parah, sakit yang tidak tertahankan, hingga haid yang tidak datang tiap bulan secara teratur atau bahkan haid yang bisa muncul lebih dari sekali dalam sebulan.

Penyebab siklus haid yang tidak teratur

Pada umumnya, keadaan seperti ini yaitu dimana siklus haid tidak teratur disebabkan oleh perubahan kadar hormon estrogen dan progesteron. Perubahan itu bisa terjadi karena faktor stres, olahraga berlebihan, sedang hamil atau menyusui, dan menggunakan alat kontrasepsi.

Beberapa kondisi kesehatan tertentu juga bisa menyebabkan menstruasi tidak lancar, seperti PCOS (sindrom ovarium polikistik), penebalan dinding rahim, fibroid rahim, atau gangguan kelenjar tiroid.

Kenaikan atau penurunan berat badan yang signifikan, diet, perubahan rutinitas olahraga, penyakit, atau gangguan lain dalam rutinitas harian dapat berdampak pada siklus menstruasi seorang perempuan.

Durasi tidur juga dapat disebabkan oleh stres yang menjadi salah satu faktor memicu terjadinya gangguan menstruasi. Maka dari itu, tidur 8 jam sehari sangat disarankan untuk menjaga siklus menstruasi berjalan normal dan juga menjaga tubuh agar tetap sehat.

Cara melancarkan haid dengan makanan dan minuman

Ternyata ada beberapa cara melancarkan haid, salah satunya adalah dengan rutin mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman berikut ini:

  1. Vitamin C

Setiap orang disarankan untuk mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin C. Vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi kekebalan tubuh, tetapi juga membantu siklus haid tepat waktu sehingga dapat digunakan sebagai salah satu cara melancarkan haid.

Vitamin C dipercaya dapat meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesteron dalam tubuh. Hal ini kemudian akan membuat uterus atau rahim berkontraksi, dan dinding rahim pun akan luruh, sehingga terjadi menstruasi.

Meski begitu, belum ada penelitian yang bisa memastikan cara mempercepat haid yang satu ini. Anda perlu lebih berhati-hati saat melakukannya. Jangan konsumsi suplemen vitamin C berlebihan, karena dapat berbahaya untuk kesehatan.

  1. Jahe

Jahe dapat meningkatkan rasa panas dalam tubuh yang kemudian akan mendorong keluarnya haid sehingga menjadi lebih lancar.

Selain dapat memperlancar haid, jahe juga dipercaya mampu meringankan nyeri yang disebabkan oleh haid. Cara mengolahnya juga sangat mudah yaitu bisa dicampur dengan teh hangat atau madu.

  1. Nanas

Sama halnya dengan jahe, nanas juga dapat membuat panas dalam tubuh yang mendorong keluarnya haid. Kandungan bromelain, yaitu enzim yang diklaim dapat melunakkan dinding rahim sehingga melancarkan siklus haid.

Cara melancarkan haid dengan nanas yaitu Anda bisa mengolahnya sebagai minuman atau jus. Selain rasanya yang lezat, siklus haid juga akan lebih lancar.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini selain terkenal dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, ternyata pepaya juga memiliki manfaat yang sangat baik dalam melancarkan haid. Buah ini memang dapat menghangatkan tubuh karena merangsang produksi estrogen.

Itulah yang membuat pepaya dapat berperan penting dalam normalisasi siklus menstruasi. Disarankan pula, untuk mendapatkan manfaat maksimal, cobalah konsumsi pepaya mentah yang masih hijau.

  1. Rempah-rempah

Cara melancarkan haid yang lainnya yaitu dengan mengkonsumsi rempah-rempah. Beberapa rempah-rempah dipercaya dapat memicu naiknya aliran arah ke rahim supaya datang bulan lebih cepat.

Rempah tersebut di antaranya adalah kayu manis, daun parsley, daun sage, oregano, dan rosemary.

Banyak cara melancarkan haid yang bisa Anda coba selain dari mengkonsumsi makanan dan minuman yang disebutkan di atas. Misalnya dengan berhubungan seks, dimana aktivitas ini bisa memberikan rasa nyaman dan mendorong serviks melebar sehingga memicu rahim kontraksi untuk melepas haid.

Selain itu, olahraga yang teratur juga dapat melancarkan haid. Sebab, dengan rajin berolahraga tubuh akan memiliki hormon yang seimbang dan mendorong produksi estrogen lebih banyak.

Jika Anda masih memiliki masalah siklus haid yang tidak teratur, sebaiknya segeralah mengkonsultasikan masalah ini ke dokter untuk penanganan yang lebih lanjut. Anda juga bisa bisa tanyakan langsung pada dokter di aplikasi kesehatan keluarga SehatQ. Download sekarang di App Store dan Google Play.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *