Perbedaan Eksim Kering dan Eksim Basah, Berikut Cara Mengobatinya

Perbedaan Eksim Kering dan Eksim Basah, Berikut Cara Mengobatinya

Eksim yang juga biasa dikenal dengan dermatitis, adalah istilah dalam kedokteran untuk menggambarkan kelainan kulit. Dalam kondisi ini, kulit tampak mengalami iritasi dan peradangan. Eksim memiliki dua jenis gejala: eksim kering dan eksim basah. Kedua gejala tersebut, memiliki tanda-tanda yang berbeda. 

Pada eksim kering, biasanya ditandai dengan kulit yang kering, terlihat seperti bersisik, berwarna kemerah-merahan, terkadang bengkak, dan gatal. Sedangkan eksim basah, biasanya ditandai dengan kulit yang tampak merah, basah, melepuh, bengkak, dan juga timbul bintik-bintik yang di dalamnya mengandung air atau nanah serta gatal. 

Biasanya, kelainan kulit ini dialami pada bagian-bagian tertentu seperti sela-sela jari kaki dan tangan, daerah lipatan tubuh seperti belakang lutut, sela paha, pergelangan tangan, dan juga di sekitar leher. Ada dua metode pengobatan yang bisa dilakukan: ikut anjuran dokter atau dengan obat alami. 

Berikut ini cara mengobati kelainan kulit tersebut. 

Cara Mengobati Eksim Kering dan Eksim Basah

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengobati gangguan kulit ini. Pertama adalah dengan mengikuti anjuran dari dokter yang merekomendasikan beberapa obat tertentu dan juga menggunakan bahan dasar alami untuk pengobatan. 

1. Menggunakan obat gatal eksim menurut anjuran dokter

Ada beberapa daftar obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gangguan kulit ini, beberapa di antaranya, yakni sebagai berikut:

  • Krim kortikosteroid: krim ini berfungsi untuk menghilangkan gatal sekaligus anti alergi dan anti peradangan. Penggunaannya hanya pada daerah kulit tertentu saja dengan ketentuan 3-4 kali sehari. Sebaiknya, ikuti petunjuk dokter jika ingin menggunakannya.
  • Kortikosteroid oral: prinsipnya tetap sama dengan krim kortikosteroid, namun yang ini, adalah obat minum. Biasanya, digunakan ketika kulit gatal mencakup area yang luas atau hampir seluruh tubuh. Jika kamu mengalaminya, obat ini cocok untuk digunakan. 
  • Antihistamin Oral: obat satu ini adalah obat minum. Fungsinya adalah untuk menghambat histamin yang menyebabkan rasa gatal pada tubuh. Contohnya adalah CTM. Efek sampingnya adalah mengantuk namun obat ini masih terbilang efektif untuk mengatasi masalah gatal pada kulit. 
  • Clotrimazole dan Miconazole: obat ini bisa digunakan untuk menghambat beberapa zat tertentu yang pada akhirnya bisa merusak membran dari sel jamur yang pada akhirnya akan mengobati rasa gatal. Biasanya, obat ini digunakan dua hari sekali selama 4 minggu. 

2. Bahan-bahan alami untuk obat eksim

Jika tadi sudah mengetahui apa saja obat anjuran dokter untuk mengatasi masalah eksim kering dan juga eksim basah, kamu juga harus tahu apa saja bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah kulit tersebut. Beberapa di antaranya yakni sebagai berikut:

  • Minyak kelapa: bahan alami pertama yakni minyak kelapa. Minyak kelapa, berfungsi sebagai anti bakteri, anti jamur, antioksidan, dan juga antimikroba. Ada juga vitamin E, K, dan juga asam laurat yang bisa membantumu memerangi gatal dan juga memberikan kulit dengan efek sejuk.
  • Kunyit: bahan alami ini juga efektif digunakan untuk mengatasi kelainan kulit. Ada studi yang mengatakan, bahwa kunyit memiliki kandungan antioksidan yang bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk mengatasi eksim. Ada juga curcumin yang memiliki sifat bakterisida serta anti-inflamasi. 
  • Gel lidah buaya: bahan alami lainnya adalah gel lidah buaya. Pada bahan ini, ia memiliki zat anti-inflamasi yang bisa mengurangi rasa gatal dan juga efek terbakar yang terjadi pada penderita eksim. Ada juga sifat anti-mikroba yang bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit berkelanjutan. 

Itulah dua metode sekaligus obat dan bahan apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah eksim kering dan eksim basah. Dengan ini, kamu bisa memilih  metode mana yang akan digunakan. Namun tetap saja, jangan lupa untuk mengikuti anjuran dokter, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *