Hemodialis Bisa Dilakukan Di RS Dinda, Namun Apa Itu Hemodialis?

No Comments Uncategorized

RS Dinda pertama kali berdiri merupakan Bidan Praktek Mandiri pada 1981, Kemudian, di tahun 2004 menjadi Rumah Bersalin. Namun, berjalannya waktu serta ada banyaknya kebutuhan kesehatan di kota Tangerang. Tempat ini hadir sebagai pelayanan yang di fokuskan bagi kesehatan ibu dan anak, maka di 2006 mengubahnya menjadi Rumah Sakit Ibu dan Anak. Kemudian di 2017 RS Dinda  menambahkan pelayanan penunjang diantaranya Fisioterapi dan Hemodialisa

Namun apa itu hemodialisis. Hemodialisis yaitu mesin menyaring limbah, garam dan cairan dari darah Anda ketika ginjal Anda tidak lagi cukup sehat untuk melakukan pekerjaan ini secara memadai. Hemodialisis adalah cara paling umum untuk mengobati gagal ginjal lanjut. Prosedur ini dapat membantu Anda menjalani kehidupan yang aktif meskipun gagal ginjal.

Hemodialisis harus sesuai jadwal yang ketat, seperti minum obat yang teratur, serta membuat perubahan pada diet Anda. 

Hemodialisis adalah tanggung jawab yang serius, tetapi Anda tidak harus menanggungnya sendirian. Anda akan bekerja sama dengan tim perawatan kesehatan Anda, termasuk spesialis ginjal dan profesional lain dengan pengalaman mengelola hemodialisis. Hemodialisis ini bisa juga dilakukan di rumah. 

Perawatan ini biasanya diperlukan ketika kurang dari 15 persen fungsi ginjal Anda tersisa. Hemodialisis adalah perawatan yang melakukan pekerjaan ginjal ketika mereka berhenti bekerja dengan benar. Dalam proses hemodialisis ini akan menghilangkan air, limbah, serta kadar garam dari darah Anda. 

Perawatan tersebut dapat membantu mengontrol tekanan darah dan menyeimbangkan kadar vitamin dan mineral dalam tubuh. Hemodialisis digunakan pada orang dengan gagal ginjal tahap akhir, yang merupakan tahap terakhir dari penyakit ginjal kronis.

Perawatan ini biasa digunakan bagi penderita ginjal akut. Pada kondisi yang seperti kista ginja, darah tinggi, diabetes, radang ginjal serta penyakit lainnya bisa membuat gagal ginjal. Biasanya, dokter Anda akan melakukan dialisis ketika 10 hingga 15 persen fungsi ginjal Anda tersisa.

Prosedur Hemodialisa

Hemodialisis biasanya dilakukan di pusat dialisis atau rumah sakit seperti di RS Dinda yang sudah memiliki layanin ini, atau di rumah. Dua jarum dimasukkan ke lengan Anda, dan masing-masing ditancapkan ke tabung plastik fleksibel yang terhubung ke dialyzer (filter yang membersihkan darah Anda).

Dialyzer mengambil darah Anda melalui satu tabung. Cairan dan limbah mengalir dari darah Anda ke dalam cairan pembersih.

Darah yang sudah disaring lalu, akan dikembalikan ke tubuh melalui tabung kedua. Anda bisa duduk di kursi dan menonton TV, membaca, atau tidur siang saat Anda menjalani hemodialisis.

Kebanyakan orang menjalani sekitar tiga perawatan seminggu, yang masing-masing membutuhkan waktu sekitar tiga hingga empat jam.

Mengapa itu dilakukan?

Dokter Anda di RS Dinda  akan membantu menentukan kapan Anda harus memulai hemodialisis berdasarkan beberapa faktor, termasuk:

  • Kesehatan secara keseluruhan
  • Fungsi ginjal
  • Tanda dan gejala
  • Kualitas hidup
  • Preferensi pribadi

Terlihat tanda serta gejala gagal ginja yaitu berupa bengkak, kelelahan mual atau muntah. Dokter Anda menggunakan perkiraan laju filtrasi glomerulus (eGFR) Anda untuk mengukur tingkat fungsi ginjal Anda. EGFR Anda dihitung menggunakan hasil tes kreatinin darah, jenis kelamin, usia, dan faktor lainnya. Nilai normal bervariasi dengan usia. Ukuran fungsi ginjal Anda ini dapat membantu merencanakan perawatan Anda, termasuk kapan harus memulai hemodialisis.

Hemodialisis dapat membantu tubuh Anda mengontrol tekanan darah dan menjaga keseimbangan yang tepat dari cairan dan berbagai mineral – seperti kalium dan natrium – dalam tubuh Anda. Biasanya, hemodialisis dimulai jauh sebelum ginjal Anda berhenti bekerja hingga menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa.

Penyebab umum gagal ginjal meliputi:

  • Diabetes
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi)
  • Peradangan ginjal (glomerulonefritis)
  • Kista ginjal (penyakit ginjal polikistik)
  • Penyakit ginjal yang diturunkan
  • Penggunaan jangka panjang obat antiinflamasi nonsteroid atau obat lain yang dapat membahayakan ginjal

Tetapi, ginjal Anda dapat cedera ginjal akut ketika operasi, serangan jantung, penyakit parah serta masalah serius lainnya. Obat-obatan juga dapat membuat cedera ginjal. 

Beberapa orang dengan gagal ginjal kronis (kronis) yang parah dapat memutuskan untuk tidak memulai dialisis dan memilih jalur yang berbeda. Sebaliknya, mereka dapat memilih terapi medis maksimal, juga disebut manajemen konservatif maksimum atau perawatan paliatif. Menggunakan terapi ini membuat terjadi pelibatan manajemen aktif dari kompilkasi ginjal kronis, diantaranya seperti tekanan darah tinggi, anemia, dan kelebihan cairan. Kemudian, fokus pada manajemen suportif gejala yang berpengaruh pada kualitas hidup. 

Melakukan transplantasi dari orang lain, dalam memulai dialisis. Coba untuk menanyakan kepada tim perawatan, mengenai informasi lebih lanjut tentang pilihan Anda. Hal itu merupakan keputusan sendiri karena untuk manfaat dialisis bisa bervariasi, tergantung dari permasalahan kesehatan Anda. 

Anda bisa melakukan hemodialisis di pusat dialisis, di rumah maupun di RS Dinda. Waktu perawatan berbeda-beda, tergantung pada situasi. 

  • hemodialisis di pusat. Kebanyak orang melakukan hemodialisis sebanyak tiga kali dalam seminggu disetiap masing-masing tiga sampai lima jam. 
  • hemodialisis harian. Hal itu dapat dilakukan secara sering, hemodialisis ini dapat dilakukan di rumah enam maupun tujuh hari seminggu selama seminggu dan selama sekitar dua sampai tiga jam setiap kali.

Mesin hemodialisis yang lebih sederhana lebih mudah digunakan di rumah, jadi dengan belajar menggunakannya atau dibantu oleh seseorang. Anda mungkin melakukan hemodialisis di rumah. Anda bahkan mungkin dapat melakukan prosedur di malam hari saat Anda tidur. Namun perawatan itu juga bisa Anda lakukan di RS Dinda karena perawatan hemodialis ini merupakan perawatan penunjang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *