Ketahui Cara untuk Merawat Sarung Tangan Kiper

Sarung tangan kiper adalah salah satu peralatan yang harus dimiliki dan digunakan oleh pemain bola, apalagi yang bertugas sebagai kiper. Sarung tangan kiper dapat menjaga tangan petugas penjaga gawang dari terkena tendangan bola. Tak hanya itu, sarung tangan kiper juga mampu membantu Anda untuk menggenggam bola dengan lebih kuat saat ada bola yang akan masuk ke dalam gawang. Sarung tangan kiper juga membantu para penjaga gawang untuk melindungi tangan dari terkena cedera dan dislokasi. 

Dengan pentingnya sarung tangan kiper, maka Anda perlu mengetahui cara untuk merawat sarung tangan kiper agar bisa digunakan dalam waktu yang lama. Sebagai produk yang dirancang dengan teknologi khusus, maka sarung tangan kiper layak untuk membutuhkan perhatian khusus.

Berikut beberapa cara untuk merawat sarung tangan kiper.

Sarung tangan kiper terbaik

1. Ketahui Masa Pakai Sarung Tangan Kiper

Sarung tangan kiper tentu memiliki masa pakai. Lapisan lateks yang terdapat pada sarung tangan bisa usang seiring pemakaian. Akan tetapi, jika sarung tangan dirawat dengan tepat, masa pakainya bisa diperpanjang.

2. Bedakan Sarung Tangan yang Digunakan

Saat Anda bertanding, maka Anda perlu menggunakan sarung tangan kiper yang berkualitas dan membuat Anda bisa bertanding secara optimal. Untuk memperpanjang masa pakai sarung tangan yang berkualitas tersebut, Anda bisa menggunakan sarung tangan kiper yang lama atau belilah sarung tangan yang murah saat Anda sedang berlatih.  Sarung tangan yang murah tersebut juga dapat memaksa Anda untuk mengetahui teknik terbaik untuk menjaga gawang. 

Dengan menggunakan sarung tangan lama atau membeli sarung tangan yang lebih murah, yang genggamannya kurang baik, Anda bisa menjaga kondisi sarung tangan kiper milik Anda yang kualitasnya bagus sekaligus meningkatkan keahlian Anda saat menjaga gawang.

3. Rawat Sarung Tangan Selama Pertandingan 

Sarung tangan kiper tentunya akan sering digunakan selama musim pertandingan. Oleh karena itu, rawatlah dengan baik, apalagi jika sarung tangan yang Anda miliki bisa digunakan untuk semua kondisi.

Jika Anda memiliki sarung tangan yang memiliki lapisan lateks yang lembut, sarung tangan tersebut perlu dilembapkan menggunakan air terlebih dahulu saat telapaknya mengering. Akan tetapi, lapisan lateks yang sangat lembut tersebut dapat menjadi licin jika kondisinya terlalu lembap. Oleh karena itu, sesuaikan kondisi sarung tangan Anda dengan tempat pertandingan sehingga permainan Anda tidak akan terganggu.

4. Bersihkan Sarung Tangan Kiper Anda

Usai dipakai dalam pertandingan, maka sarung tangan akan menjadi kotor. Lapisan lateks yang terdapat pada sarung tangan kiper bisa pecah karena terkena tanah dan keringat. Lapisan tersebut perlahan bisa menjadi usang dan akan mempengaruhi kualitas permainan Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan sarung  tangan kiper Anda setelah beberapa kali digunakan agar masa pakainya lebih panjang.

5. Simpan Sarung Tangan Kiper

Usai bertanding dan mencuci bersih sarung tangan kiper Anda, penting untuk menyimpan sarung tangan tersebut dengan baik. Biasanya sarung tangan kiper dijual bersama tas khusus yang didesain hanya untuk menyimpan sarung tangan.

Simpanlah sarung tangan kiper Anda pada tas tersebut, letakkan pada tempat yang sejuk dan kelembapannya wajar. Jika sarung tangan Anda basah karena keringat, keringkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam tas. Cegah kedua permukaan telapak sarung kiper Anda untuk menempel karena bisa lengket kemudian berisiko robek saat dipisahkan.

6. Jaga Sarung Tangan Agar Tidak Bau

Sarung tangan kiper bisa menimbulkan bau yang tidak sedap karena sering terkena keringat dan bakteri. Oleh karena itu, bersihkan dan simpan sarung tangan kiper Anda dengan baik agar bakteri tidak tumbuh dalam sarung tangan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *