Ketahui 6 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh Ideal

Ketahui 6 Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh Ideal

Plank adalah latihan yang tidak membutuhkan sebuah alat, gerakannya bertumpu pada lengan bawah. Jadi, bisa dilakukan kapanpun Anda mau. Apa saja sih, manfaat olahraga plank untuk tubuh?

Selain manfaat plank untuk diet, fungsinya juga berlaku pada tubuh ideal. Jadi, tubuh yang tidak gemuk pun membutuhkan olahraga secara rutin agar kebugaran tubuh akan selalu terjaga.

Pastinya penasaran apa saja manfaat olahraga ini bagi tubuh ideal. Mengingat kebanyak olahraga dilakukan untuk menurunkan berat badan. Silakan baca artikel ini sampai selesai.

Manfaat Olahraga Plank untuk Tubuh Ideal

Bagi Anda yang memiliki tubuh ideal, tetap lakukan olahraga secara rutin. Hal tersebut akan sangat bermanfaat untuk diri sendiri. Salah satu yang bisa dilakukan adalah olahraga plank, berikut ini manfaatnya.

1. Melatih Keseimbangan Tubuh

Salah satu manfaat olahraga plank ialah melatih keseimbangan tubuh. Sebab, gerakan olahraga ini harus mampu menahan satu posisi dalam waktu lama. Fungsinya untuk memperkuat otot di bagian tengah tubuh, punggung atas, bahu, dan area panggul.

Dengan bertambah kuatnya otot tersebut, maka akan menghasilkan keseimbangan lebih stabil. Jadi, tubuh tidak akan mudah jatuh pada saat berjalan.

2. Kelenturan Tubuh akan Meningkat

Olahraga plank bukan hanya untuk membuat otot lebih kuat. Manfaatnya juga dapat meningkatkan kelenturan tubuh, terutama pada paha dan kaki. Sebab, gerakannya bisa meregangkan tubuh Anda bagian bawah.

Jadi, semisal Anda ingin membungkuk untuk mengambil barang jatuh, maka tidak akan lelah. Sebab, otot tubuh lebih kuat dan lentur. Selain itu, jangkauan tubuh juga akan lebih leluasa.

3. Kinerja Otot Semakin Meningkat

Melakukan olahraga plank secara rutin akan mengajarkan kepada otot untuk bekerja sama. Dengan begitu, ketika Anda melakukan sebuah aktivitas, maka tubuh tidak akan mudah lelah.

Misalnya, pada saat berlari atau bersepeda, otot perut yang kuat akan memaksimalkan gerakan. Jadi, kaki dan lengan tidak terlalu keras untuk melakukan gerakan.

4. Memperbaiki Postur Tubuh

Manfaat olahraga plank bagi pemula yang akan dirasakan adala perbaikan postur tubuh. Seperti, pada saat berdiri tegak atau lainnya. Dengan melakukan gerakan plank, otot pada bahu dan punggung atas akan semakin kuat.

Selain itu, plank juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki postur tubuh pekerja kantoran. Sebab, dengan posisi duduk dalam durasi lama akan membuat otot lelah, sehingga membuat postur meringkuk.

Bukan hanya itu manfaatnya, melakukan olahraga ini secara rutin bisa membuat tubuh lebih tinggi. Jadi, penampilan Anda akan terlihat semakin menarik, sehingga menumbuhkan rasa percaya diri.

5. Meningkatkan Imun pada Tubuh

Dengan terjaganya imun tubuh, maka Anda tidak akan mudah terserang penyakit. Baik disebabkan oleh virus atau lainnya. Otot inti yang kuat dengan melakukan gerakan plank, bisa mengoptimalkan proses metabolisme tubuh. Baik itu untuk membersihkan racun, pengaturan keseimbangan hormon, dan penyerapan gizi.

6. Meningkatkan Pergerakan dan Koordinasi Tubuh

Gerakan plank bisa meningkatkan pergerakan dan koordinasi tubuh. Dengan variasi gerakannya yang banyak, Anda bisa memilih mana saja yang diinginkan selama berolahraga.

Dengan begitu, otot yang kuat akan mengurangi terjadinya risiko cedera pada Anda. Baik disebabkan oleh penggunaan otot berlebih atau karena hal lainnya. Jadi, tubuh tidak akan merasakan sakit atau lelah berlebih.

Itulah beberapa manfaat olahraga plank untuk tubuh ideal. Jadi, jangan sampai memiliki pemikiran bahwa tubuh ideal tidak memerlukan olahraga. Bahkan, fungsinya sangat penting untuk hal lainnya, seperti kekuatan otot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *