Mau Sukses Program Hamil? Ubah Kebiasaan Ini

program hamil

Kehamilan memang bukan perkara mudah bagi sebagian pasangan. Ada yang sudah bertahun-tahun menjalani biduk rumah tangga, namun masih belom memperoleh kehamilan yang diharapkan. Sejumlah program hamil, baik yang secara alami maupun secara medis, pun dilakukan guna bisa mendapatkan buah hati. Apakah Anda dan pasangan termasuk yang sedang berjuang untuk hal yang sama tersebut? 

Jika iya, jalanilah program hamil Anda dengan sungguh-sungguh untuk bisa mendapatkan hasil yang didamba-dambakan. Jangan lupa untuk mengubah kebiasaan buruk yang bisa membuat rasio untuk mendapatkan momongan menjadi lebih kecil. 

Tidak jarang kebiasaan-kebiasaan yang Anda pandang simpel ternyata menjadi sumber dari belum diperolehnya kehamilan selama ini. Jadi, kebiasaan apa saja yang mesti diubah jika ingin program hamil lebih sukses? Coba cek kebiasaan-kebiasaannya di bawah ini. 

Jangan Abai Jadwal Haid 

Tidak semua perempuan peka dan mencatat jadwal haidnya. Padahal, mengetahui jadwal menstruasi bisa membuat Anda lebih mampu memperkirakan masa subur untuk menyukseskan program hamil. Masa subur sendiri adalah waktu terjadinya ovulasi yang biasanya terjadi sekitar 14 hari sebelum menstruasi dimulai. Dengan mencatat waktu menstruasi, Anda bisa melakukan hubungan seks pad perkiraan masa subur sehingga kesempatan hamil lebih besar. 

Jangan Enggan Bercinta

Anda dan pasangan mungkin sama-sama sibuk sehingga hanya melakukan hubungan seksual sesekali, mungkin saja hanya di akhir pekan. Tentunya kebiasaan ini tidak bisa membuat program hamil Anda berjalan mulus. Idealnya untuk menyukseskan program hamil, Anda dan pasangan sebaiknya berhubungan seksual 2—3 kali dalam seminggu. 

Jangan Malas Berolahraga 

Kebiasaan malas bergerak atau berolahraga bisa menjadi penghambat besar bagi program hamil Anda. Pasalnya, berolahraga secara teratur bisa meningkatkan kesuburan Anda. Olahraga dengan rutin bisa mencegah Anda mengalami berat badan berlebih yang memnbuat lemak bertumbuh dan menggangu sistem reproduksi. Namun, berolahragalah secara ringan atau medium. Olahraga berat justru dapat merusak keseimbangan energi pada tubuh yang berpengaruh kurang baik untuk sistem reproduksi Anda. 

Jangan Makan Terlalu Banyak 

Perhatian buat Anda yang terbiasa makan banyak dan tidak terkendali, ubahlah kebiasaan tersebut jika ingin program hamil yang Anda jalankan sukses. Makan berlebih hanya akan membuat Anda mengalami berat badan berlebih yang kerap dikaitkan dengan ketidaksuburan. Soalnya pada orang-orang yang memiliki berat badan berlebih, lemak pun menjadi sangat banyak dan bisa mengganggu fungsi menstruasi ataupun menutupi jalur untuk terjadiya ovulasi. 

Jangan Terlalu Sering Mengopi 

Kebiasaan mengopi memang menyenangkan dan bisa membuat rileks. Namun tahukah Anda, kebiasaan minum kopi ternyata bisa berpengaruh pada kemungkinan hamil yang memerlukan waktu lebih lama. Dalam sebuah penelitian cukup lama yang dilakukan tahun 1997, wanita yang mengonsumsi lebih dari 500 miligram kafein tiap hari memerlukan waktu 9,5 bulan lebih lama untuk hamil. Tentu Anda tidak ingin kondisi tersebut terjadi pada Anda dan pasangan, bukan? 

Jangan Kecanduan Alkohol 

Kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak bisa sangat berdampak negatif pada tingkat kesuburan Anda maupun pasangan. Dalam sebuah penelitian didapati fakta, orang-orang yang terbiasa mengonsumsi alkkohol lebih dari 14 gelas dalam seminggu menjadi lebih lama untuk bisa mendapatkan kehamilan. 

Jangan Terlalu Stres 

Kondisi kesuburan Anda dan pasangan sebenarnya baik-baik saja dalam pemeriksaan pra program hamil, namun tetap belum dikaruniai momongan? Bisa jadi ini karena Anda ataupun pasangan terlalu stres. Soalnya ketika stres, teradi perubahan hormonal yang bisa berpengaruh ke tingkat kesuburan. Cobalah untuk mengelola stres lebih baik sekarang. Melakukan meditasi dan menjalankan hobi yang Anda senangi bisa jadi pengurang tingkat stres Anda sehingga hasil program hamil yang positif bisa segera dijumpai. 

*** 

Pada intinya ketika hendak memulai program hamil, selain mengubah kebiasaan buruk, Anda juga harus berani untuk memeriksakan diri ke dokter. Masalah kesuburan dan kehamilan menyangkut perempuan maupun laki-laki. Jadi, datanglah bersama pasangan dan periksakan diri masing-masing agar masalah terkait belum adanya kehamilan dalam rumah tangga Anda bisa dipecahkan.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *