Penyakit Kwashiorkor Disebabkan Malnutrisi, Bagaimana Mengobatinya?

Penyakit Kwashiorkor Disebabkan Malnutrisi, Bagaimana Mengobatinya?

Pernahkah Anda mendengar tentang penyakit Kwashiorkor? Penyakit ini adalah penyakit yang terjadi akibat malnutrisi yang sangat parah. Umumnya, ini terjadi di negara-negara berkembang.

Berbeda dengan negara maju, banyak masyarakat di negara berkembang tidak bisa mendapatkan akses terhadap makanan yang sehat dan bernutrisi. Selain itu, para masyarakat juga cenderung memiliki kesadaran akan pentingnya makanan sehat yang rendah.


Oleh sebab itu, tidak jarang penyakit ini ditemukan pada anak-anak dan bayi di negara-negara berkembang. Kondisi ini paling sering terjadi di negara-negara sekitar Asia Tenggara, Amerika Tengah, dan Afrika. 

Diagnosa Penyakit Kwashiorkor oleh dokter

Penderita Kwashiorkor yang dibawa ke rumah sakit bisa dengan mudah didiagnosa oleh dokter. Dokter bisa menganalisa kondisi penderita hanya dengan melihat kondisi fisik anak atau bayi.


Pertama-tama, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terhadap anak Anda. Pemeriksaan fisik ini dilakukan guna memeriksa terjadinya pembesaran hati dan pembengkakan yang biasanya menjadi tanda dari penyakit ini. 


Dalam beberapa kasus, mungkin penderita juga perlu melakukan serangkaian tes pemeriksaan lain pada darah dan urin. Ini dilakukan untuk mengukur tanda-tanda malnutrisi dan kekurangan protein.


Hasil tes bisa menunjukkan apabila penderita mengalami kerusakan otot. Tes juga bisa digunakan untuk menilai fungsi ginjal, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan pertumbuhan. Biasanya, tes tambahan yang dilakukan untuk mendeteksi hal ini berupa: 

  • Tes tingkat kreatinin dalam darah
  • Tes kadar kalium dalam darah
  • Urinalisis
  • Tes penghitungan darah lengkap
  • Tes gas darah arteri
  • Tes nitrogen urea darah

Setelah melakukan tes-tes tersebut, dokter bisa mendapatkan gambaran lebih jelas mengenai kondisi Anda. Dari sana, dokter bisa membantu Anda untuk menentukan upaya pengobatan yang paling tepat. 

Pengobatan untuk penyakit Kwashiorkor

Apabila Anda atau anak Anda didiagnosa menderita Kwashiorkor, maka cara pengobatan yang umumnya dilakukan meliputi:

  • Perbaikan asupan nutrisi harian

Sebenarnya, solusi paling tepat untuk mengobati kondisi ini adalah memperbaiki asupan nutrisi harian. Anda perlu makan lebih banyak protein dan lebih banyak kalori secara keseluruhan.

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk meningkatkan kalori dalam bentuk karbohidrat, gula, dan lemak. Setelah kalori ini berhasil memberikan Anda energi, Anda kemudian akan dianjurkan untuk meningkatkan asupan protein. 

Tidak hanya itu, dokter juga mungkin akan merekomendasikan Anda untuk menggunakan suplemen vitamin dan mineral untuk penggunaan jangka panjang. 

  • Pengobatan di rumah sakit

Apabila penyakit Kwashiorkor yang Anda derita sudah sangat parah, Anda akan perlu menjalani perawatan di rumah sakit. Dengan begitu, pihak rumah sakit bisa memantau kondisi Anda dan Anda bisa mendapatkan pengobatan dengan lebih komprehensif.

Pengobatan di rumah sakit umumnya meliputi pengobatan untuk mencegah kadar glukosa dalam darah yang terlalu rendah, mengobati dehidrasi, pemberian suplemen vitamin dan mineral, serta pengobatan infeksi dengan antibiotik.


Selain itu, pihak rumah sakit juga bisa merekomendasikan berbagai metode pengobatan lainnya yang paling sesuai dengan kondisi Anda. Biasanya, perawatan penderita Kwashiorkor di rumah sakit akan memakan waktu sekitar dua sampai dengan enam minggu.

Dokter bisa memberikan instruksi mengenai metode pengobatan yang paling tepat untuk Anda. Dokter jugalah yang akan menentukan apakah Anda perlu menjalani perawatan di rumah sakit atau tidak.


Selama mendapatkan pengobatan sedini mungkin, Anda tidak perlu khawatir dengan penyakit Kwashiorkor yang diderita. Karena itu, kenalilah tanda-tanda gejala dari gangguan kesehatan tersebut sejak dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *