Telur, Chia, Dan Makanan Untuk Penderita Diabetes

Tidak ada diet makanan untuk penderita diabetes khusus. Namun makanan yang Anda konsumsi tidak hanya akan membuat perbedaan pada bagaimana Anda mengatur diabetes, tetapi juga seberapa baik Anda merasa dan berapa banyak energi yang Anda miliki. Seberapa banyak yang perlu Anda makan dan minum akan bergantung pada usia, jenis kelamin, dan seberapa aktif diri Anda, dan tujuan yang coba Anda capai. Namun tidak ada satu makanan yang mengandung semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena alasan itulah diet yang sehat dan seimbang terdiri dari beragam makanan. 

Ketika kita membicarakan seputar makanan untuk penderita diabetes, Anda akan disajikan dengan pilihan sumber makanan rendah karbohidrat dan gula. Anda juga perlu mengonsumsi beberapa sumber makanan yang dapat menurunkan risiko komplikasi. Adapun beberapa makanan sehat tersebut di antaranya.

Jenis minuman protein yang menyehatkan
  • Telur. Konsumsi telur dengan teratur dapat mengurangi risiko penyakit jantung dalam beberapa cara. Telur dapat mengurangi peradangan, meningkatkan sensitivitas insulin, dan meningkatkan level kolesterol (baik) HDL Anda, serta memodifikasi ukuran dan bentuk kolesterol (jahat) LDL. Sebuah penelitian menemukan sarapan telur dan rendah karbohidrat dapat membantu orang-orang penderita diabetes dalam mengatur level gula darah sepanjang hari. 

Penelitian terdahulu pernah menghubungkan konsumsi telur dengan penyakit jantung pada penderita diabetes. Namun, tinjauan baru-baru ini pada studi terkontrol menemukan bahwa konsumsi 6-12 telur per minggunya sebagai bagian dari diet yang bernutrisi tidak meningkatkan faktor risiko penyakit jantung pada penderita diabetes. Penelitian juga menyatakan konsumsi telur dapat mengurangi risiko stroke. 

  • Biji chia. Biji chia adalah makanan untuk penderita diabetes yang sangat baik. Biji chia  mengandung serat dalam jumlah tinggi. Namun, biji chia juga rendah karbohidrat yang dapat dicerna. Faktanya, 11 dari 12 gram karbohidrat dalam 28 gram sajian biji chia adalah serat, yang mana tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Serat viskos dalam biji chia dapat membantu menurunkan level gula darah dengan cara memperlambat laju seberapa cepat makanan bergerak lewat usus dan diserap. 

Biji chia juga dapat membantu Anda mendapatkan berat badan yang ideal karena serat yang ada di dalamnya dapat mengurangi rasa lapar dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Biji chia juga dapat membantu menjaga pengaturan glycemic pada orang-orang yang memiliki diabetes. Sebuah studi yang melibatkan 77 orang dewasa dengan berat badan berlebih atau obesitas dan menerima diagnosis diabetes tipe 2 menemukan bahwa konsumsi biji chia dapat mendukung penurunan berat badan dan membantu menjaga kontrol glycemic yang baik. Sebagai tambahan, biji chia telah ditunjukkan dapat membantu mengurangi tekanan darah dan penanda peradangan. 

  • Kacang polong. Kacang polong adalah sumber makanan yang terjangkau, bernutrisi, dan sangat sehat. Kacang polong tinggi kandungan vitamin B, mineral yang bermanfaat (seperti kalsium, potassium, dan magnesium), serta serat. Kacang polong juga memiliki indeks glikemik yang sangat rendah, yang mana sangat penting dalam mengatur diabetes. Bahkan kacang polong dapat membantu mencegah diabetes. Sebuah studi pada 3 ribu peserta tinggi risiko penyakit kardiovaskular menunjukkan bahwa mereka yang tinggi asupan kacang polong memiliki penurunan kemungkinan menderita diabetes tipe 2. 

Jika diabetes tidak diatur, kondisi ini dapat meningkatkan risiko Anda menderita beberapa penyakit yang serius. Makanan makanan untuk penderita diabetes yang membantu Anda menjaga gula darah, insulin, dan peradangan dapat menurunkan risiko komplikasi yang signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *